Generasi Muda dengan Pergerakan Dinamis Teknologi Informasi

    Teknologi Informasi atau yang akrab disebut dengan IT (Information Technology) adalah hal yang dapat dikaitkan dengan berbagai macam bidang. Teknologi Informasi sendiri juga dibungkus dalam berbagai macam bentuk serta fungsi.Beberapa fungsi dari teknologi informasi yaitu dapat mengelola data, menghitung, menyimpan, mempresentasikan bahkan memanipulasi data. Pada pembahasan ini, tema yang diangkat mengenai "The future of IT" yang akan lebih dikaitkan dengan pandangan generasi muda, pemanfaatan dimasa depan, dan latar belakang dari timbulnya teknologi informasi yang tidak dapat dihentikan ataupun dibatasi seiring dengan perjalanan kehidupan.

    Tahukah anda? Siapa penemu ponsel pertama kali di dunia? Mungkin banyak dari antara kita yang menggunakan handphone tetapi tidak mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut. Jawabannya adalah Martin Cooper.Butuh waktu 90 hari pada tahun 1972 untuk menciptakan prototipe pertama dalam bentuk yang fleksibel, kecil dan mudah dibawa.Cooper, para insinyur, serta Mitchell mempatenkan penemuan “Radio Telephone System" yang diajukan pada 17 Oktober 1973 dengan nomor paten 3906166 dan disetujui pada September 1975 atas nama mereka. Cooper dianggap sebagai penemu pertama telepon genggam seluler (handphone) pertama dan orang pertama yang melakukan panggilan dengan prototipe ponsel genggam seluler tersebut pada 3 April 1973. Kejadian yang bersejarah tersebut disaksikan di muka umum di depan wartawan dan orang orang yang lewat di jalan kota New York. Panggilan pertama ditujukan kepada Dr. Joel S. Engel, kepala riset di Bell Labs. Kalimat pertama yang diucapkan adalah "Joel, I'm calling you from a real cellular telephone. A portable handheld telephone." Sehingga berdasarkan panggilan tersebutlah dunia mengalami perubahan kemajuan dalam bidang komunikasi dan informasi. Disaat itu juga orang dapat menghubungi ke tempat tujuan secara langsung lewat telephone genggam.Telephone genggam ini memiliki berat dua kilogram. Battery-nya hanya dapat bertahan dalam 20 menit. Karena saat itu tidak mungkin hp digunakan dalam jangka waktu lebih dari 20 menit.Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta.

    Perkembangan telephone genggam yang membawa kemajuan pada bidang teknologi informasi juga memiliki beberapa generasi dalam sejarah perkembangannya. Berikut informasi ini disajikan dengan ringkas dan jelas.Pertama,tahun 1928 Kepolisian Detroit mulai menggunakan radio komunikasi satu arah regular pada semua mobil patroli dengan frekuensi 2 MHz. pada perkembangan selanjutnya, radio komunikasi berkembang menjadi dua arah dengan ‘’frequency modulated ‘’(FM).Kedua, telephone genggam yang diperkenalkan oleh Cooper ke masyarakat pada tanggal 3 April 1973. Ketiga, disebut sebagai generasi 3G yang memungkinkan operator jaringan untuk memberi pengguna mereka jangkauan yang lebih luas, termasuk internet sebaik video call berteknologi tinggi. Keempat,disebut sebagai fourth generation (4G). 4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan pendekatan baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro), 802.16e, CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dan lain-lain. Sistem 4G berdasarkan heterogenitas jaringan IP yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam sistem kapan saja dan di mana saja.

    Perkembangan teknologi pun kini membawa kita kepada pembelajaran yang tidak lagi menggunakan buku / kertas sebagai media utama dari pembelajaran.Telah berkembang teknologi semacam e-book (electronic book) atau bahkan e-learning (elertronic learning). Dimana kita dapat mempelajari dunia melalui jaringan internet dan jarak tidak menjadi masalah dalam hal pembelajaran tersebut. Dengan kalkulasi waktu sesingkat mungkin, kita dapat memperoleh informasi sebanyak yang kita mau.Metode tersebut sangat bermanfaat khususnya untuk generasi muda yang memiliki sifat ingin tahu banyak hal yang dapat mendukung masa depannya. Diimbangi dengan kecerdasan manusia yang kian bertambah dan populasi manusia yang tidak dapat dihentikan, kemajuan teknologi informasi membawa banyak manfaat dan dampak tersendiri.

    Karena perkembangan dan masa depan bangsa Indonesia ada di dalam tangan generasi muda maka berikut ini adalah beberapa pandangan mengenai "Teknologi Informasi" :

1. Carolina Innes Wahyu Widhianti (18) yang akrab di sapa Innes adalah salah seorang mahasiswi di Universitas Indonesia,jurusan administrasi fiskal.
"Kalau dalam sistem pembelajaran di UI, ada sistem dimana nanti belajar bukan hanya tatap muka. Tetapi dunia virtual.Jadi sistemnya, dosen sama murid enggak harus ketemu dalam satu ruangan. Biasanya pendidikan berkaitan erat dengan internet sehingga lebih mudah mencari informasi. Presentasi materi kuliah juga pake proyektor, lebih efisien untuk menjelaskan materi forum / acara seminar. Sebagai generasi muda juga kita enggak ketinggalan sama negara yang lain.
Lalu, di perpustakaan UI kalau mau cari buku disediakan beberapa komputer yang terletak di setiap lantai. Supaya kalau mau cari buku, bisa dilihat buku tersebut tersedia / tidaknya lalu kita bisa mencatat nomor panggil.Kemudian masuk ke tempat bukunya, lihat nomor terus cari bukunya. Lebih memudahkan sih intinya.Kita juga lebih bisa komunikasi diskusi untuk ngerjain tugas bareng tanpa tatap muka. Sekarang juga udah ada printer, mudah untuk mencetak tugas-tugas individu ataupun kelompok. Sisi negatifnya, dengan adanya internet pasti ada pelanggaran atas HAKI, kebanyakan main game online, maraknya pornografi, makin malas belajar karena ada tv, handphone yang isinya aplikasi, dan terbiasa mudah mendapatkan sesuatu akibatnya kurang berjuang untuk hal-hal tertentu."

2.    Rachmadinna Poetri Priyandini (17) akrab dengan panggilan Adine adalah seorang mahasiswi di Universitas Gunadarma, jurusan Teknik Informatika.
"Perkembangan teknologi itu bagus, karena memudahkan manusia dalam segala hal. Kalau dari segi teknologi informasi untuk mencari ilmu jadi lebih mudah karena tersebar dimana-mana, memperluas jaringan pertemanan, mencari barang-barang kebutuhan,dsb. Sedangkan dari sudut teknik industrinya seperti efisiennya penggunaan waktu dan bahan baku. Namun seiring dengan pengembangan teknologi industri yang semakin maju selain mempercepat pekerjaan, kita juga harus mampu menciptakan lingkungan yang lebih ramah. Misalnya asap-asap pabrik, kalau asapnya di kondensasi maka cairannya bisa diurai lalu dipakai lagi sesuai fungsinya masing-masing kan? Nah, untuk teknologi informasi juga sebagai generasi penerus kita harus pinter-pinter menyaring yang mana yang baik dan enggak. Yang paling penting sih, jangan sampai kemajuan teknologi informasi membuat kita lupa dengan kehidupan sosial yang sebenarnya."


3. Kezia Marcella (11) akrab di sapa Kezia adalah seorang pelajar yang duduk di bangku kelas 6 SD STRADA BUDI LUHUR II Bekasi.
"Perkembangan teknologi informasi membuat aku lebih tertarik daripada pelajaran, sedangkan pelajaran membosankan. Kalau di hp, banyak aplikasinya sementara di pelajaran isinya kurang menarik dan buat mengantuk. Kalau main hp sampi larut malam juga di relain, asal temen-temen yang ngajakin ngobrol banyak.Sekarang semuanya udah serba gadget jadi agak males kalau harus belajar dan melepas gadget sementara."

4. Bernike Cornelia (15) akrab dengan sapaan Keke adalah seorang murid SMA Negeri 17 Bekasi yang duduk di bangku kelas 1 SMA. Di bawah ini adalah video mengenai pandangannya atas perkembangan teknologi informasi yang dinamis dan tidak dapat dicegah.

 


    Pada dasarnya generasi muda memiliki pemikiran yang akan terus-menerus diolah agar mampu bersaing dengan kualitas kehidupan yang semakin meningkat. Namun, hal itu tidaklah cukup sampai disitu. Generasi muda juga harus memiliki pemikiran yang terbuka serta pandai dalam menyaring mana yang harus diikuti perkembangannya mana yang tidak harus diikuti.Mengikuti perkembangan teknologi informasi memanglah hal yang penting, tetapi bukan berarti mempersempit ruang lingkup sosial yang seutuhnya. Dengan teknologi informasi, siapapun dapat mencicipi kelezatan dari kecanggihan pencarian data di internet dengan waktu yang singkat.Jika kita sebagai generasi muda hanya memperhatikan kemajuan teknologi informasi tanpa tahu bagaimana cara mensosialisasikannya kepada masyarakat, maka sia-sialah materi yang telah kita persiapkan dari jauh-jauh hari. Karena seorang yang sukses bukan hanya seorang yang mengerti akan teori tetapi juga paham bagaimana cara menyampaikan kepada orang lain.

   Latar belakang dari kemajuan teknologi informasi yang tidak dapat dihentikan yaitu karena dunia yang kian menuntut kita untuk menjadi yang terbaik dalam segala bidang dan kompetisi kehidupan yang memerlukan penggapaian kualitas terbaik kehidupan. Dengan adanya tuntutan tersebut, generasi muda diharapkan menyadari pentingnya peranan diri dalam membangun kemajuan masa depan.Karena perkembangan teknologi informasi juga tidak dapat dihentikan, hal yang dapat dilakukan generasi muda adalah menghentikan dirinya sendiri melalui penggunaan teknologi informasi yang tidak sesuai dengan etika pemakaian atau menyimpang dari apa yang diperlukan.Kemajuan teknologi informasi ada untuk membuat sebuah generasi semakin cerdas dan dewasa dalam menyikapi perkembangannya. Manusialah yang menciptakan kemajuan teknologi informasi,sehingga manusia jugalah yang seharusnya bisa mengendalikan dirinya terhadap penyalahgunaan dari apa yang telah diciptakan. Jadikanlah kemajuan teknologi informasi sebagai hal membangun dan bukan menjatuhkan. Buatlah kemajuan teknologi sebagai teman untuk memperbaiki kualitas diri dalam menjalani kehidupan bukan untuk menjadikan diri krisis identitas.

It has become appallingly obvious that our technology has exceeded our humanity.–Albert Einstein


Cory Doctorow said once “This is why I loved technology: if you used it right, it could give you power and privacy.”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hugo Münsterberg

Semut dan Belalang